2015/02/09

MEGATASI MASALAH LAMPIRAN EMAIL DI BLOKIR DI GMAIL.COM


Mau kirim email melalui gmail.com dengan melampirkan sebuah file software..eh ternyata file tersebut di blokir oleh gmail.com. padahal file tersebut udah saya compress pakai winrar dan file tersebut tidak melebihi kapasitas yang di izinkan oleh gmail yaitu sebesar 25 megabytes (MB).Lalu saya klik link Bantuan seperti gambar yang ada dibawah ini yang telah saya beri lingkaran dan tanda panah. Untuk mengetahui alasan gmail.com memblokir lampiran yang akan saya kirim.



Dihalaman web bantuan untuk memecahkan masalah lampiran. disana dijelaskan mengapa file lampiran saya diblokir, karena lampiran saya berisi program (seperti file yang berakhiran .exe) Mudah terkena virus. walaupun file tersebut sudah compres dalam bentuk rar, zip, tar. untuk lebih jelasnya bisa dilihat digambar dibawah ini. 

Klik gambar untuk memperbesar





Untuk mengatasi masalah tersebut kita haya merubah saja format akhiran file tersebut. Kedalam format akhiran file yang belum ada pada kriteria jenis file yang tidak dapat dikirim dan diterima melauli Gmail.com. Sebelum anda melajutkan cara untuk merubah akhiran file tersebut,close terlebih dahulu lampiran file yang di blokir tersebut. lihat gambar dibwah:




Untuk merubah akhiran sebuah file anda harus menampakan semu file yang terhidden. Langkahnya bisa anda lihat pada posting saya sebelumya yaitu menampilkan file yang di hidden oleh virus bagi pengguna windows xp. Sedangkan untuk pengguna windows 7 langkahnya sebagai berikut:
Buka folder dimana anda menyimpan file lampiran tersbut.Klik Organize pada taskbar atas windows explorer, kemudian Klik Folder and search options.



Pada tampilan Folder options,Klik View



Centang pada :
  • Show hidden files, folders, and drives 

Dan hilangkan Centangan pada :
  • Hide empty drives in the computer folder
  • Hide extentions for known file types
  • Hide protected operating system file (Recommended)

 Jika terdapat warning Klik Ok



Kemudian Klik tombol Apply setelah itu Klik tombol OK. maka semua file yang terhidden akan dapat terlihat.



Setelah anda menampilkan file yang terhidden anda barus bisa merubah akhiran dari semua file  yang ada di windows, kecuali file tersebut tidak dalam keadaan dijalankan. Untuk merubah file tersbut ikutilah langkah berikut:
Klik kana file lampiran yang diblokir ole gmail kemudian pilih Rename



Ubah akhirannya misalnya dengan .as (yang terpenting tidak ada pada kriteria jenis file yang tidak dapat dikirim dan diterima melauli Gmail.com). Jika ada warning Klik tombol Yes



Maka file lampiran anda sudah berubah akhirannya menjadi .as



Setelah file lampiran tersebut sudah berubah akhirannya. kita buka gmail.com dan lakukan pengiriman ulang lampiran file tersebut



File lampiran tersebut sudah tidak di blokir oleh gmail.com dan anda dapat melakukan pengiriman



Pesan dan Lampiran anda sudah terkirim



Setelah Lampiran anda diterima samapi komputer tujuan. Tinggal dirubah lagi format akhirannya seperti format akhiran file tersbut sebelum dirubah.

Catatan: Komputer tujuan juga harus menampilkan semua file yang disembunyikan (hidden) sebelum               merubah akhiran file lampiran tersebut.



6 komentar:

  1. itu berarti setiap mengirim harus digitukan ya kak ? klo semisal si penerima email gk paham dan bingung negrubah ekstensi file nya gimana kak ?

    BalasHapus
  2. sama juga itu kenapa ya kok ada file yg diblokir padahal sama" pkek gmail tpi yg satu keblokir klo ngirim" apa gitu yg satu mau ngirim apa aja bisa ? Mohon pencerahannya kak terima kasih :)

    BalasHapus
  3. Ko setiap ngirim file lewat gmail selalu d blokir... Knp ya?

    BalasHapus
  4. Ko setiap ngirim file lewat gmail selalu d blokir... Knp ya?

    BalasHapus